Minggu, 31 Agustus 2014

Goa Ahsabul kahfi di Yordania...

Gua Kahfi dan Cerita Ashabul Khahfi

“ Kemudian Kami bangunkan mereka, agar Kami mengetahui manakah di antara kedua golongan itu yang lebih tepat dalam menghitung berapa lamanya mereka tinggal (dalam gua itu)” ( Qs Al Kahfi;12 )

 Pagi itu matahari sudah menyembulkan sinarnya tetapi udara di musim dingin di Yordania tidak mampu diusirnya. Dengan merapatkan jaket dan syal penghangat kami menuju ke kendaraan untuk mengunjungi gua Ashabul Kahfi yang terletak sekitar 10 Km kea rah timur kota Amman Yordania. Gua Ashabul kahfi adalah salah satu tempat ziarah yang harus dikunjungi ketika berada di Amman. Tempat itu tepatnya berada di Kota Abu Alanda di perkampungan Al Rajib ( dalam al Quran disebutkan Ar Raqim).

Tempat yang berada di sebuah dataran tinggi itu tenang dan sepi di pagi itu. Sewaktu kendaraan berputar dan berbelok terlihatlah beberapa reruntuhan bangunan dari zaman Byzantium dan juga sebuah masjid megah yang dibangun tahun 2006 lalu.  Selagi menunggu juru kunci di panggil untuk membuka pintu gua, kami memanfaatkan untuk bersholat dhuha di masjid yang terletak di samping gua Ashabul Kahfi tersebut.
Pintu gua itu tidak begitu lebar dan hanya muat ketika satu persatu kita melaluinya. Di dalam gua yang tidak begitu luas di sebelah kiri dan kanan terdapat bangunan serupa undakan beberapa buah.  Dan di dalam salah satunya terdapat tulang belulang yang telah dikumpulkan yang dapat kita lihat dari sebuah kaca kecil disalah satu sisinya.  Di tengah dari gua terdapat sebuah tempat mirip lemari yang menyimpan berbagai bentuk alat-alat yang ditemukan di dalam gua ini. Dan di salah satunya terdapat sebuah lubang yang memungkinkan cahaya matahari untuk masuk dan tembus menerangi gua ini.
“ Dan kamu akan melihat matahari ketika terbit, condong dari gua mereka ke sebelah kanan, dan bila matahari itu terbenam menjauhi mereka ke sebelah kiri sedang mereka berada dalam tempat yang luas dalam gua itu. Itu adalah sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Allah. Barang siapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapat petunjuk; dan barang siapa yang disesatkan-Nya, maka kamu tak akan mendapatkan seorang pemimpin pun yang dapat memberi petunjuk kepadanya” (Qs. Al Kahf.21)
Lokasi Gua Ashabul Kahfi memang juga di klaim di beberapa tempat seperti di Suriah dan di wilayah Efesus Turki. Tapi berdasarkan hasil temuan arkeologi dan deskripsi tentang posisi matahari di dalam gua yang dapat kita jumpai ketika berada di dalamnya, dapatlah dipastikan jika ini adalah memang benar gua yang diceritakan Allah SWT di dalam surah Al Kahfi.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Al Kahfi berarti sebuah gua di gunung, Allah swt menceritakan tentang gua ini dan orang-orang yang tertidur di dalamnya  di dalam surah Al Kahfi. Surah Al Kahfi turun di Mekkah adalah surah ke 18 dan terdiri dari 110 ayat. Surah ini turun ketika pada suatu ketika datanglah sekelompok orang Yahudi kepada nabi Muhammad SAW yang meminta agar Nabi SAW menceritakan tentang kejadian tertidurnya manusia selama beratus tahun ini yang terjadi di umat terdahulu. Allah SWT menceritakan tentang kisah penghuni gua ini dalam ayat ke 9-26 dari Surah ini. Selain itu dalam surah ini juga terdapat cerita lainnya yang berguna untuk umat manusia. Dalam beberapa hadist disebutkan keutamaan membaca surat Al Kahfi ini. Di dalam surah Al Kahfi pula terdapat titik tengah Al Quran yang membelah isi al Quran menjadi dua bagian.
Dari Ibnu Umar ra, berkata: Rasulullah SAW bersabda,
“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih dalam tafsirnya dengan isnad yang tidak apa-apa. Dari kitab at-Targhib wa al- Tarhib: 1/298)

selanjutnya baca di buk perjalanan dibumi para nabi yaaaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar