Jumat, 11 November 2011

Airport Vienna, Austria Kemana kaki akan melangkah..






Semenjak dari dalam pesawat aku sudah disuguhkan pemandangan serba putih dari salju yang menutupi permukaan tanah di Vienna. Kota cantik itu diselimuti putihnya salju, saat winter di Januari 2010.
Pesawat mendarat dengan sempurna di airport Vienna, perjalanan ku dari Athens dengan Olympic Airlines OA 128 hanya di tempuh dengan 2jam saja. Wow….. aku disambut oleh warna kuning mencolok mata dari setiap petunjuk petunjuk diairport Vienna.

Di airport Vienna mulai dari petunjuk gate , imigrasi, baggage claim didalam airport sampai dengan petunjuk di luar airport tentang tempat parkir, bus dan kereta api semua dalam sign board berwarna kuning.
Warna kuning ini sangat kontras dengan warna menyala seperti permen lollipop dari seragam pegawai Austrian Airlines, mulai dari sepatu, stocking, baju, tas, semuanya MERAH………………..

Meeting point di kedatangan Airport Vienna tidak begitu luas dan banyak dipenuhi oleh counter penyewaan kendaraan pribadi. Sementara Tourist Information dari Vienna Tourism sendiri terletak setelah Belt bagasi  sebelum pintu keluar dari Bandara. Airport Vienna sendiri terdiri dari 4 level, yaitu Level -1  yaitu CAT ( City airport train, kereta cepat ke tengah kota 16 menit saja ) dan S bahn Line Stasion, Supermarket dan Office park, Level 0  yaitu Arrival Hall dimana banyak terdapat café, Restaurant,Acces to Hotel dan Transfer service, Level 1 adalah Keberangkatan, tempat check in, restaurant, Imigrasi control dan duty  free shop.Terdapat 3 gate yaitu A gate, B Gate dan C Gate.  Dan terakhir level 2 yang dapat diacces dari level 1 dengan escalator yaitu tempat Café, restaurant dan lounge di airport vienna.

Keluar dari airport Vienna, cuaca dingin menyergap, saat itu 3 derajat Celcius, its  not a big deal saat winter begini. Pemandangan airport yang sepi dan tidak crowded seperti airport lainnya di Eropa menyergapku.
Ada beberapa cara untuk menuju ke kota Vienna yang berjarak kurang lebih  16 km yaitu menggunakan Kereta Api yang mereka sebut CAT ( City Airport Train ) hanya 16 menit dan tiket seharga Euro 10 kita akan tiba di tengah kota Vienna tepatnya stasion Wien-Mitte.
Kereta api baru yang memiliki Kabin bertingkat yang exclusive, mempunyai pengatur suhu udara yang baik dengan  fasilitas rak untuk penyimpanan koper-koper penumpang, serta screen yang besar yang memuat informasi terkini dan tentang kota Vienna sendiri.
Di tempat ketibaan dari CAT ini berbeda dengan stasiun kereta api dalam kota sehingga kita mesti jalan keluar dari Stasiun ini untuk menaiki tujuan selanjutnya dengan menggunakann sistem kereta api dalam kota Vienna ( U Line, S Line )
Akan tetapi jika kita akan berangkat ke airport dari Stasiun Wien Mitte ini, kita dapat langsung check in dan memasukan bagasi kita sehingga kita tidak perlu lagi melakukan check in setibanya di Airport Vienna.

Alternatif lainnya dari airport Vienna ke tengah kota menggunakan Airport Line Bus Service. Shuttle bis ini mempunyai 2 jurusan yaitu ke Vienna Schwedenplatz/Morzinplatz yang menempuh waktu sekitar 20 menit dan Vienna – Westbahnhof/Meidling yang menempuh waktu sekitar 45 menit dengan ongkos sekitar euro 6 ( Jan, 2010)
Jika kita akan melanjutkan perjalanan dari airport Vienna dengan menggunakan Kereta api ke Kota kota lain seperti misalnya Budapest, Munich, Berlin, Zurich, Praha, sebaiknya menggunakan transfer ini karena kereta kereta tersebut akan berangkat dari stasiun Westbahnhof melewati Stasiun Meidling. Terkadang kita bisa mendapatkan harga tiket promo di kereta kereta berjadwal tertentu, seperti yang saya dapat Euro 19 untuk tiket 1 way ke Budapest dari harga normal euro 35. Harga  promo Euro 29 untuk 1 way tiket ke Zurich, Berlin dan Praha ( Jan 2010 )

Selain transportasi  ke tengah kota Vienna, dari airport Vienna juga tersedia transport  yang langsung ke Kota Bratislava, ibukota Negara Slokavia yang dapat ditempuh dengan hanya 1 jam saja dengan interval waktu keberangkatan setiap jam mengunakan Bus. 

Sedangkan transportasi langsung ke kota Budapest Ibukota Negara Hungaria juga tersedia dengan interval waktu setiap 2 jam dan dapat ditempuh dengan 3, 5 jam dari airport Vienna. Harap diperhatikan bahwa jadwal tersebut  kadang-kadang berbeda sewaktu musim dingin. Harga tiket bus yang ke Bratislava dan Budapest memang lebih murah dibandingkan dengan Harga Tiket Kereta Api, akan tetapi jika dibandingkan harga tiket promo lebih murah tiket promo naik kereta api dengan fasilitas yang lebih nyaman.

Tentu saja fasilitas taxi dan limousine tersedia di airport ini, serta fasilitas sewa mobil ( rent a car )

Nah, kemana ya akan kulangkah kan kaki dari airport Vienna….....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar