Kamis, 13 Desember 2012

Mesquita Cathedral Cordoba...Masjid Gereja.....




Apa yang terlintas dalam pikiran anda membaca judul tersebut? Ya....Mesquita Cathedral ini dulunya adalah sebuah Masjid  karya masterpiece dari kekuasaan Islam selama 800 tahun di semenanjung Iberia yang meliputi Spanyol, Portugal dan wilayah selatan Prancis Sekarang. Masjid yang begitu besar dengan design yang begitu indah ini dibangun sejak penguasa Islam yang bernama Khalifah Abdurahman I pada tahun 787 M dan diteruskan oleh penguasa penguasa sesudahnya dengan penambahan penambahan dan penyempurnaan - penyempurnaannya sehingga menjadi bangunan yang luar biasa Indahnya. Jumlah kubah yang atap 14 buah dengan Jumlah tiang kubahnya 1000 tiang. Didalamnya terdapat 113 titik untuk nyala peneragan titik yang terbesar dapat memuat 1000 lampu dan kecil 12 lampu.

Cordoba terletak di tepian sungai Al Wadi Al Kabir. Luas wilayah waktu itu 600.000 km. terdapat 490 masjid, di masa Abdurrahman ad Dkahil hingga bertmbah menjadi 3837 masjid, 213.077 rumah rakyat dan 60.300 rumah bangsawan, 80.455 tempat usaha, 900 pemandian umum dan 28 lapangan. jumlah penduduk Cordova dimasa Daulah Islamiyah lebi dari 500.000 jiwa bandingkan dengan jumlah penduduk saat ini yang sekitar 300.000an.

Pada Masa Islam menguasai semenajung Iberia, Cordoba merupakan ibukota kekuasaan Islam sejak mulai masuknya Tariq bin Ziyad dibawah perintah Gubernur Afrika Utara Musa Bin Nusair dimasa ke khalifahan Bani Ummayah dibawah khalifah Al Walid bin Abdul Malik pada tahun 715 M menaklukan wilayah ini. Beratus tahun kemudian Cordoba menjadi pusat kekuasaan Islam, Pusat Kebudayaan, Ilmu pengetahuan dan Peradaban Islam di Eropa. 

Setelah Islam menguasai wilayah ini, merekapun mulai mengajarkan Islam kepada Masyarakat disana.Dari masa Abdurahman Ad Dakhil pada tahun 755 M - 928 M yang disebut Keemiran karena Andalusia terpisah dari Khilafahan Abbasiyah Cordoba mengalami zaman keemasan dibawah kekuasaan penguasa penguasa yang kuat.  Dimasa Abdurahman An Nashir ( khalifah pertama Umawiyah di Andalusia ) dan putranya Al Hakam Al Mustanshir, Cordoba mencapai puncak kecemerlangannya dan ketinggian peradabannya, khususnya bahwa Cordoba telah diteteapkan sebagai mimbar Ilmu, peradaban dan pembangunan sipil hingga menyaingi Konstatinopel ibukota Buzantium, Bahgdad ibukota Ban Abbasiyah dan Qairuwan di Afrika sehingga orang orang Barat menyebutnya Permata Dunia.

sampai ketika jatuhnya Cordoba oleh karena gelombang konflik dan perseteruan yang hebat antara para ulama dan bangsawan juga pemberontakan kerajaan kecil kristen disekeliling wilayahnya.  Hingga akhirnya pada tahun 1031 M Cordova dipimpin oleh seorang qadhi Corodva Abu Al HAzm bin Jahur beserta dewan syura dimana mereka hanya menguasai Cordova saja tetapi tidak keseluruhan Andalusia yang kemudian terbagi bagi menjadi 22 kerajaan atau wilayah kecil yang kemudian disebut masa Duwuat Ath Thawa'if ( negeri negeri kecil )
 

Mihrab yang kaligrafinya dari potongan emas murni




Didalam Mesquita pilar pilar yang sudah ada sejak abad ke 1 M

Altar Gereja di tengah masjid yang masih digunakan sampai sekarang



Altar Gereja

Bagian pintu yang menghadap luar ke taman

Bagian terluar bangunan Mesquita

Bangunan Kokok Mesquita

Salah satu ukiran di pintu masuk Mesquita yang masih tersisa
Sisa dari bagian interior yang masih disimpan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar