Sabtu, 08 Desember 2012

Menyusuri jejak Islam di Andalusia.........dec 2012



Salah satu mimpi travelling yang ingin ku wujudkan adalah menyusuri jejak kebesaran islam di Andalusia atau Spanyol. Menyaksikan kebesaran peninggalan arsitektur Islam dan istana istana yang mengagumkan yangg dulu di bangun oleh kaum muslim di masa keemasannya.

Insya Allah.....perjalanan menyusuri jejak islam di Spanyol ini akan aku lakukan berdua bersama suami. Rute yang akan kami tempuh adalah sbb :
09 dec 2012  : Jakarta - Abudhabi - London by Flight Etihad
10 dec 2012  : London
11 dec 2012  : London - Malaga by Flight Easy Jet
12 dec 2012  : Malaga Granada Al hambra by Bus
13 dec 2012  : Granada - Cordona by Bus
14 dec 2012  : Cordoba - Seville by Bus
15 dec 2012  : Seville - Marrakech by Flight EasyJet
16 dec 2012  : Marrakech
17 dec 2012  : Marrakech - Cassablanca by Train
18!dec 2012  : Cassablanca - Abudhabi - Jakarta by Flight Etihad

Tak sabar rasanya ingin mengunjungi istana Al hambra yang begitu megah juga kawasan Al Baycin di salah satu pojok kota di Granada yang masih kental dengan suasana Arabnya. Mengunjungi Mesquita Chatedral yang dulunya adalah Masjid tetapi saat ini sudah berubah menjadi Gereja di Cordoba. Dan  juga menyusuri Roman Bridgenya. Tak lupa menyusuri kota kota yang luar biasa indah dan cantik dan juga sudah di nobatkan sebagai Unesco world Heritage di Malaga dan Sevillle.

Islam masuk ke Semenanjung Iberia pada tahun 711 M dipimpin oleh Tariq bin Ziyad  dizaman ke khalifahan Bani Umayyah berkuasa yang berpusat di Damaskus. Sebelum menaklukan wilayah semenanjung Iberia ( Spanyol, Portugal dan selatan Prancis sekarang ) kekhalifan Umayyah sudah menguasai Afrika Utara yang disebut dengan wilayah Magrib ( Maroko, Aljazair, Libya, Tunisia, Mesir sekarang ) Waktu itu Khalifah yang berkuasa adalah khalifah Al khalik bin Abdul Malik dan beliau menunjuk Musa bin Nusair sebagai Gubernur di wilayah Afrika Utara.

Menyebrangi  Sebuah selat yang memisahkan wilayah Afrika Utara dan Semenajung Iberia yang tidak terlalu lebar  Tariq bin Jiyad membawa Pasukan nya masuk ke wilayah Semenanjung Iberia yang pada waktu itu masih dikuasai oleh seorang raja yang kejam.
It would be an interesting Journey.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar